GEMPA 5,6 SR GUNCANG LOMBOK,NUSA TENGGARA BARAT


GEMPA DIRASAKAN OLEH WARGA GERUNG DAN SEKITARNYA
Gempa berkekuatan 5,6 pada skala Richter (SR) yang mengguncang Pulau Lombok , dan guncangan itu pun dirasakan oleh warga gerung dan sekitarnya. Semua warga gerungpun cukup dikagetkan dengan guncangan tersebut dengan berhamburan keluar dari rumah.
Dan kami pun khawatir gempa tersebut mengakibatkan tsunami, karena rumah kami cukup dekat dengan pantai.
Gempa Lombok juga Dirasakan Warga Sumbawa
Gempa berkekuatan 5,6 pada skala Richter (SR) yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat Kamis (9/8) malam sekitar pukul 18.04 WIB juga dirasakan cukup keras di Kabupaten Pulau Sumbawa khususnya Sumbawa Barat.

Bambang Mardiansyah, warga Desa Labuan Lalar, Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat juga mengaku terkejut akibat guncangan gempa tersebut sehingga terpaksa lari ke luar rumah.

"Kami khawatir gempa tersebut mengakibatkan tsunami, karena rumah kami kebetulan dekat pantai," katanya.

Bahkan, katanya, sesaat setelah terjadinya gempa pesawat televisi mati secara tiba-tiba.

 Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berlokasi 61 kilometer tenggara Lombok Tengah, 78 kilometer barat daya Sumbawa Barat, 81 kilometer tenggara Provinsi NTB.

Lokasi gempa pada koordinat 9.27 lintang selatan (LS) - 116.37 bujur Timur (BT) pada kedalaman 77 kilometer. Gempa dirasakan di Kota Mataram dan  seluruh kabupaten di Pulau Lombok.

Di Kota Mataram gempa dirasakan cukup keras menyebabkan warga yang baru selesai berbuka puasa berhamburan ke luar rumah.

H Hafudin, salah seorang warga Mataram mengaku terkejut dan lari berhamburan ke luar rumah bersama keluarganya, karena takut rumahnya roboh.

"Kami terpaksa lari ke luar rumah karena gempa tersebut terasa cukup keras. Kami takut gempa itu merobohkan rumah," katanya.

Belum ada informasi mengenai adanya bangunan yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,6 SR, baik di Kota Mataram, termasuk dari Kabupaten Lombok Tengah yang lokasinya relatif dekat dengan pusat gempa. (Ant/wt/X-13)
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa berkedalaman 628 Km ini berada pada lokasi 124 km BaratLaut Sumbawa Besar-Nusa Tenggara Barat (NTB).
BMKG tidak menginformasikan apakah gempa berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. [mvi]

Gempa 5 SR Guncang Lombok Utara NTB

Guncangan gempa bumi kembali terjadi di Indonesia, kali ini terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat(NTB). Berdasarkan informasi yang dilansir situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG), kekuatan gempa tercatat sebesar 5 skala Richter.
Gempa bumi terjadi pada pukul 07.16 Wib di kedalaman 262 kilometer di bawah permukaan laut.
Lokasi gempa berada di 44 kilometer timur laut Lombok Utara NTB. Gempa tidak berpotensi tsunami.


Gempa 5,6 SR Guncang NTB
Gempa dengan kekuatan 5,6 pada skala Richter (SR) mengejutkan warga Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, Kamis (9/8) petang.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh mediaindonesia.com dari Badan
Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mataram, Lombok, gempa terjadi pada pukul 18.04 WIB dengan lokasi 9.27 Lintang Selatan (LS) dan 116.37 Bujur Timur (BT), atau 61 kilometer (km) sebelah tenggara Lombok Tengah, NTB. Pusat gempa itu berada pada kedalaman 77 km.

"Belum ada informasi tentang dampak yang ditimbulkannya," kata petugas BMKG Mataram Oktaviana.

Gempa terjadi pada saat umat muslim Kota Mataram dan sekitarnya baru saja berbuka puasa. Sejumlah warga yang merasakan guncangan gempa spontan berhamburan keluar rumah.

"Kami semua berhamburan keluar rumah. Gempa itu sepertinya berlangsung dua kali dalam waktu yang singkat," kata Yadi, warga Perumahan Puri Citra
Asri, Kabupaten Lombok Barat. (YR/OL-01)

WARGA BALI RASAKAN GEMPA LOMBOK
DENPASAR--MICOM: Gempa berkekuatan 5,6 pada skala Richter di 61 kilometer sebelah tenggara Pulau Lombok, Kamis (9/8) pukul 19.04 Wita, dirasakan juga oleh sebagian masyarakat di Pulau Bali. 

Sebagian warga Kota Denpasar berhamburan ke luar rumah karena menyadari gempa yang berlangsung beberapa detik tersebut.

Menurut BMKG, seperti disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi, Lampung, Chrismanto, gempa 5,6 SR ini berada pada daerah dengan koordinat 9.27 derajat Lintang Selatan (LS) dan 116.37 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman pusat gempa (episentrum) 77 km.

Gempa ini berada di Sumbawa, 61 km tenggara Lombok Tengah; 78 km barat daya Sumbawa Barat; 81 km tenggara Mataram, NTB; dan 1.118 km tenggara Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami. (Ant/wt/X-13)  
JAKARTA: Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat diguncang gempa berkekuatan sedang, yaitu 5,6 skala richter dan tidak berpotensi tsunami.
Menurut situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 77 km, tepatnya di 61 km Tenggara LOMBOKTENGAH-NTB , 78 km BaratDaya SUMBAWABARAT-NTB , 81 km Tenggara MATARAM-NTB , 78 km Tenggara MATARAM-NTB .
Gempa yang terjadi hanya beberapa detik pada Kamis (9/8/2012) sekitar pukul 19.04 Wita ini mengagetkan sebagian warga muslim yang sedang berbuka puasa.

Setelah ditunggu beberapa menit dan tidak terjadi gempa susulan, warga kemudian kembali masuk rumah dan melanjutkan buka puasa. Sampai saat ini belum ada laporan korban maupun kerusakan akibat gempa yang terjadi beberapa saat lalu.(api)

GEMPA BALI: Gempa berkekuatan 5,6 skala richter guncang Bali dan sekitarnya pukul 18:04

JAKARTA: Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat diguncang gempa berkekuatan sedang, yaitu 5,6 skala richter dan tidak berpotensi tsunami.
Menurut situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 77 km, tepatnya di 61 km Tenggara LOMBOKTENGAH-NTB , 78 km BaratDaya SUMBAWABARAT-NTB , 81 km Tenggara MATARAM-NTB , 78 km Tenggara MATARAM-NTB .
Gempa yang terjadi hanya beberapa detik pada Kamis (9/8/2012) sekitar pukul 19.04 Wita ini mengagetkan sebagian warga muslim yang sedang berbuka puasa.

Setelah ditunggu beberapa menit dan tidak terjadi gempa susulan, warga kemudian kembali masuk rumah

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Eternet.Cafe © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers