Cara Pasang Widget Fan Page Facebook di Blog


Floating Fan Page Facebook merupakan widget yang kita tambahkan pada blog untuk mempercantik tampilan blog sekaligus menata dengan rapi widget-widget yang sudah terpasang pada blog. Sebelumnya saya juga sudah pernah bahas tentang cara memasang like box facebook widget pada blog. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips blog lagi yaitu Cara Memasang Floating Fan Page Facebook Pada Blog


Sebagai gambaran awal dari Floating Fan Page Facebook pada blog, teman-teman bisa melihat contohnya pada widget fan page yang saya sudah pasang pada blog ini. Pemasangan widget fan page ini tidak akan berjalan dengan lancar bilamana teman-teman blogger belum membuat halaman fan page pada facebook sebelumnya. Untuk itu, silakan buat dulu halamannya. Dan untuk membuat halaman fan page pada facebook, silakan tanyakan saja pada Om Google.

Untuk teman-teman blogger yang sudah punya halaman fan page pada facebook dan ingin memasang widget floating fan page facebook pada blog, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
  1. Silakan login ke akun blog Anda.
  2. Pada halaman dasbor akun blog, silakan klik nama blog Anda.
  3. Kemudian pada halaman overview blog Anda, silakan pilih template-edit HTML-Prossed-expand widget template.
  4. Selanjutnya silakan cari kode ]]></b:skin>.
  5. Kalau sudah ketemu kodenya, silakan copy dan paste kode di bawah ini pas di bawah kode ]]></b:skin>
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.4.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
  1. Selanjutnya silakan simpan template blog Anda dan tutup juga halaman edit HTML-nya.
  2. Kemudian silakan pilih lagi layout, lalu pilih dan klik Add Gadget pada posisi mana saja.
  3. Setelah muncul windows Add Gadget Blogger, silakan pilih HTML/JavaScript dengan cara klik tombol plus [+] yang ada disebelah kanannya.
  4. Langkah selanjutnya, silakan copy kode di bawah ini dan paste pada bagian content.
<script type="text/javascript"> /*<![CDATA[*/ jQuery(document).ready(function() {jQuery(".likebox").hover(function() {jQuery(this).stop().animate({right: "0"}, "medium");}, function() {jQuery(this).stop().animate({right: "-250"}, "medium");}, 500);}); /*]]>*/ </script> <style type="text/css"> .likebox{background: url("https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg76o09kNK_1VCs8Q5HTH1N9IiWMoSEQ1yUEeOnP7G3wOLhifTMWS59-MRvzgnrb69xC6Z0JqU9dCNsQ0eQbICQtREQkb0k_Gq4XLXYQX5OFoe9e3WWSTSUgoI9af_WtS2YQQpNceyFDybY/s1600/fb.png") no-repeat scroll left top transparent !important;display: block;float: right;height: 270px;padding: 0 5px 0 46px;width: 245px;z-index: 99999;position:fixed; right:-250px;top:44%;} .likebox div{border:none;position:relative;display:block;} .likebox span{bottom: 12px;font: 8px "lucida grande",tahoma,verdana,arial,sans-serif;position: absolute;right: 7px;text-align: right;z-index: 99999;} .likebox span a{color: gray;text-decoration:none;} .likebox span a:hover{text-decoration:underline;} </style> <div class="likebox" style=""> <div> <iframe src="http://www.facebook.com/plugins/likebox.php?href= http://www.facebook.com/samsul.eternet&amp;width=240&amp;colorscheme=light&amp;show_faces=true&amp;connections=9&amp;stream=false&amp;header=false&amp;height=258" scrolling="no" frameborder="0" scrolling="no" style="border: medium none; overflow: hidden; height: 258px; width: 245px;background:#fff;"></iframe> </div> </div>
  1. Setelah dipaste kodenya pada bagian content, jangan dulu disimpan kodenya tapi silakan ganti kode yang saya kasih warna merah dengan alamat atau URL halaman fan page facebook Anda. Setelah diganti kode yang berwarna merah, barulah disimpan kodenya.

Untuk membuat Fans Page di Facebook, begini caranya

Pertama, tentu anda sudah harus terdaftar sebagai pengguna Facebook.
Kedua, setelah login ke akun Facebook, silakan buka create Facebook page.( http://www.facebook.com/login/roadblock.php?target_url=http%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fpages%2Fcreate.php)
Ketiga, pilih sesuai dengan jenis fans page. Di sini ada enam kategori fans page yaitu Tempat atau Bisnis Lokal; Perusahaan, Organisasi, atau Institusi; Merek atau Produk; Artis, Band, atau Tokoh Masyarakat; Hiburan; Perjuangan atau Komunitas.


Pilih sesuai dengan jenis fans page yang akan dibuat. Isi nama fans page dan beri centang untuk ketentuan halaman dan klik “Mulai”.
Selanjutnya masukkan gambar fans page dengan klik “unggah gambar”. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Facebook, saya yakin anda tak kesulitan. Jika sudah klik lanjutkan.


Kemudian anda bisa undang teman untuk bergabung di Fans Page Facebook anda. Klik “lanjutkan”.


Kemudian tuliskan informasi umum mengenai halaman fans tersebut. Klik lanjutkan.


Selesai. Fans page anda di facebook sudah jadi. Seperti ini bentuknya.




Berikutnya, kita akan masukkan facebook tersebut di situs web atau blog anda. Begini caranya.

Untuk Memasukkan Fans Page Facebook ke website/blog, begini caranya

Pertama buka halaman plugin like box di sini (http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like-box/ ) untuk mendapatkan kode fans page.
Lalu masukkan url fans page anda pada “Facebook Page URL”. Setelah itu tekan tombol “Get Code”.


Kode pun akan muncul. Anda bisa pilih salah satu kode yang tersedia.


Berikutnya masuk ke blog atau web anda dan masukkan kode tadi.
Misalnya di blog, cara memasukkannya adalah dengan memasukkan kode fans facebook tersebut pada widget text. Klik save.


Dan lihat hasilnya. Fans page Facebook pun sudah muncul di blog. Jangan lupa like Blog Facebook eternet.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Eternet.Cafe © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers